Senin, 15 Juni 2015

Profil "Universitas Gunadarma"

PROFIL UNIVERSITAS GUNADARMA

logo UG 2
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, komputer dan telekomunikasi yang sangat cepat dan dinamis memberikan dampak yang sangat luas terhadap masyarakat Indonesia. Salah satu implikasi pada aspek sumber daya manusia (SDM) adalah tersedianya SDM yang berkemampuan dan berkemauan dalam penguasaan teknologi informasi, termasuk aspek penerapan atau implementasinya pada berbagai bidang keilmuan dan kehidupan. Tujuan tersebut masih memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, yaitu dalam bentuk fasilitas komputer yang meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan fasilitas pendukung lainnya.
Universitas Gunadarma adalah salah satu institusi pendidikan yang dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi selalu mempelajari, meneliti, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis teknologi informasi. Visi dan orientasi tersebut salah satunya diterjemahkan secara teknis dan operasional dalam bentuk kurikulum pendidikan yang memasukkan aspek penerapan teknologi informasi untuk setiap mata kuliah. Luasnya bidang kajian, yang tercermin dalam 6 (enam) fakultas, dan spektrum teknologi informasi menyebabkan muatan teknologi informasi untuk masing-masing mata kuliah tersebut masih kurang dan sangat dibatasi kurikulum pendidikan yang ruang lingkupnya sudah ditetapkan batas-batas kajiannya. Hal ini memerlukan bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk civitas academica diluar kegiatan perkuliahan dan praktikum, yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan ketrampilan penguasaan teknologi informasi di berbagai bidang, sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat atau dunia kerja.
Lembaga Pengembangan Universitas Gunadarma melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai struktur yang telah ditetapkan pimpinan Universitas Gunadarma. Lembaga Pengembangan di Universitas Gunadarma berjumlah 6 (enam) lembaga pengembangan, yaitu:
  1. Lembaga Pengembangan Komputerisasi (LePKom) http://lepkom.gunadarma.ac.id
  2. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Akuntansi (LePMA)
  3. Lembaga Pengembangan Teknologi (LePTek)
  4. Lembaga Pengembangan Teknik Sipil dan Perencanaan (LePTSP)
  5. Lembaga Pengembangan Sastra dan Bahasa (LePSaB)
  6. Lembaga Pengembangan Psikologi (LePPsi)
Setiap Lembaga Pengembangan dibantu oleh laboratorium Pengembangan yang secara struktural berada dibawah koordinasi Lembaga Pengembangan. Tugas dan tanggung jawab utama Lembaga pengembangan adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk mahasiswa di luar kegiatan kuliah dan praktikum. Kegiatan tersebut merupakan pembekalan materi kepada mahasiswa sebelum mereka lulus dari Univesitas Gunadarma. Materi pendidikan dan pelatihan yang diberikan lebih dititkberatkan pada peningkatan ketrampilan dengan menerapkan teknologi informasi dengan tetap menjaga konsistensi dan relevansinya dengan kurikulum Fakultas. Peserta pelatihan adalah mahasiswa Universitas Gunadarma dan pelatihan ini merupakan syarat untuk mengikuti sidang (D3 dan S1) tanpa ada batasan jumlah semester minimal yang sudah diambil dengan ketentuan wajib mengikuti 1 (satu) jenis kursus dan 1 (satu) jenis workshop yang relevan dengan bidang ilmunya. Walaupun demikian, peserta diharapkan mempunyai dasar teori dan ketrampilan memadai sesuai dengan materi pelatihan yang akan diikutinya.
SEJARAH UNIVERSITAS GUNADARMA
Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.
Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.
Beberapa tonggak historis Universitas Gunadarma dalam kurun waktu seperempat abad disajikan dalam Tabel 1.1.
Tabel 1.1. Tonggak Historis Universitas Gunadarma
No. Hari Tanggal Peristiwa
1. Jumat 7 Agustus 1981 Pendirian Pusat Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK)
2. Senin 10 Agustus 1981 Kuliah perdana mahasiswa PPIK
3. Jumat 9 September 1983 PPIK diubah status dan namanya menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI)
4. Senin 9 Juli 1984 Nama Yayasan Pendidikan Gunadarma dicanangkan
5. Selasa 10 Juli 1984 ASKI diubah status dam namanya menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG)
6. Selasa 14 Agustus 1984 Ijin Operasional Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) diperoleh
7. Jumat 28 September 1984 Wisuda Sarjana Muda pertama
8. Sabtu 9 Maret 1985 Peletakan batu pertama pembangunan Kampus D
9. Sabtu 5 Oktober 1985 STKG yang berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma memeroleh status “Terdaftar“
10. Senin 5 Januari 1987 Peresmian penggunaan Kampus D
11. Selasa 13 Januari 1987 Sidang Sarjana (S1) pertama
12. Sabtu 24 Januari 1987 Wisuda Sarjana (S1) pertama
13. Selasa 16 Juni 1987 Ujian Negara Cicilan pertama
14. Senin 4 Januari 1988 Program Studi Manajemen Informasi (MI) dan Teknik Komputer (TK) memeroleh status “Diakui”
15. Selasa 4 Juli 1989 Program Studi Teknik Informatika (TI) dibuka
16. Sabtu 12 Agustus 1989 Program Studi Manajemen Informasi (MI) dan Teknik Komputer (TK) memeroleh status “Disamakan”
17. Kamis 7 September 1989 Program Studi Teknik Informatika (TI) memeroleh status “Terdaftar”
18. Sabtu 13 Januari 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) berdiri
19. Kamis 8 Feuari 1990 Peresmian penggunaan Kampus Salemba 53
20. Kamis 16 Juni 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memeroleh status “Terdaftar”
21. Kamis 28 Maret 1991 Peletakan batu pertama pembangunan Kampus E
22. Rabu 19 Juni 1991 Program Studi Teknik Informatika (TI) memeroleh status “Diakui”
23. Selasa 17 September 1991 Peresmian penggunaan Kampus E
24. Kamis 20 Feuari 1992 Program Studi Teknologi Informasi (TI) memeroleh status “Disamakan”
25. Senin 10 Mei 1993 Program Magister Manajemen dan MagisterManajemen Sistem Informasi dibuka
26. Jumat 24 September 1993 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) memeroleh status “Disamakan”
27. Rabu 3 April 1996 Universitas Gunadarma (UG) berdiri
28. Selasa 11 Agustus 1998 Program Studi Teknik Informatika (S1) memeroleh peringkat akreditasi A dari BAN-PT
29. Selasa 3 Agustus 1999 Program Magister Teknik Elektro dibuka
30. Jumat 10 Maret 2000 Program Doktor Ilmu Ekonomi dibuka
31. Rabu 22 Mei 2002 Program Magíster Sastra, Magíster Psikologi, dan Magíster Sipil dibuka
32 Senin 17 Juni 2004 Program D3 Kebidanan dibuka
33. Kamis 13 September 2004 Peresmian penggunaan Kampus J
Keberadaan dan perkembangan Universitas Gunadarma sampai saat ini merupakan keberhasilan penerapan prinsip otonomi perguruan tinggi di tingkat institusi. Prinsip otonomi ini menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan di Universitas Gunadarma dengan tetap mengikuti perkembangan eksternal, khususnya kebijakan, peraturan dan perundangan yang berlaku. Selain itu, perjalanan yang relatif panjang tersebut juga menunjukkan kepemimpinan yang teruji dan luwes dalam menghadapi berbagai perubahan dan kebijakan yang terkait dalam pengelolaan perguruan tinggi. Kepemimpinan dan sistem pengelolaannya mengacu kepada tata kelola universitas yang baik (good university governance) yang telah ditetapkan.
KEHIDUPAN KAMPUS
Kehidupan di dalam dan di luar kampus yang nyaman, tentram, damai, dan aman serta dukungan fasilitas yang lengkap dan menyenangkan merupakan salah satu pertimbangan setiap orang untuk memasuki dunia perguruan tinggi. UG selalu berusaha untuk terus menciptakan suasana akademis yang kondusif serta hubungan dengan lingkungan yang harmonis. Suasana akademis yang kondusif di dalam kampus didasarkan pada hubungan antar civitas academica yang meliputi dosen, mahasiswa, dan lulusan. Hubungan tersebut tidak hanya berkaitan dengan proses belajar-mengajar di kelas saja, namun mencakup hubungan social di luar kelas yang bisa mendukung terciptanya suasana akademis yang kondusif. Interaksi dengan masyarakat sekitar juga dilandasi dengan saling ketergantungan yang positif, termasuk interaksi antara mahasiswa yang bermukim di sekitar kampus dengan masyarakat sekitar.
PROGRAM AKADEMIK & AKREDITASI
Program Diploma
Diplome of Bussiness and Enterpreneurship
Study Program Accreditation Status
Computer Accounting Accredited A , 017/BAN-PT/Ak-VI/Dipl-III/XII/2006 , Dated Desember 30th 2006
Marketing Management Accredited A, 017/BAN-PT/Ak-VI/Dipl-III/XII/2006 , Dated Desember 30th 2006
Accounting Management Accredited A , 002/BAN-PT/Ak-VI/Dipl-III/IV/2006 Dated May 11th 2006
Diplome of Computer Science and Information Technology
Study Program Accreditation Status
Informatics Management Accredited A , 014/BAN-PT/Ak-IV/Dipl-III/XII/2004 , Dated Dec 21th 2004 Keterangan : Sudah diusulkan untuk diakreditasi kembali dan tengah dalam proses. Status Akreditasi Program Studi Sesuai Peraturan MenDikNas RI No.6 Tahun 2010  tanggal 20 Feuari 2010 Pasal 10A ayat 1 yang berbunyi : Program dan/atau satuan pendidikan yang berstatus yang diusulkan oleh perguruan tinggi untuk diakreditasi  kembali karena telah berakhir masa berlaku akreditasinya tetap memiliki  status terakreditasisampai adanya penetapan status akreditasi baru oleh BAN-PT.
Computer Technique Accredited A , 003/BAN-PT/Ak-VI/Dipl-III/VI/2006 Dated June 1st 2006
Diplome of Midwifery
Study Program Accreditation Status
Midwifery Accredited B, 0005/BAN-PT/Ak-SURV-I/D-III/V/2009 Dated May 29th 2009
Bachelor Program
Faculty of Computers Science and Information Technology
Study Program Accreditation Status
Computer Science Accredited A , 033/BAN-PT/Ak-XII/S1/XI/2009, Dated November 6th 2009
Information System Accredited A, 014/BAN-PT/Ak-XIII/S1/VIII/2010 , Dated August 20th  2010
Faculty of Economy
Study Program Accreditation Status
Management Accredited A, 033/BAN-PT/Ak-XII/S1/XI/2009, Dated November 6th 2009
Accounting Accredited A, 013/BAN-PT/Ak-XII/S1/VI/2009, Dated June 5th 2009
Faculty of Industrial Technology
Study Program Accreditation Status
Informatics Engineering Accredited A, 014/BAN-PT/Ak-XIII/S1/VIII/2010 , Dated August 20th  2010
Electrical Engineering Accredited A, 010/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005, Dated July 7th 2005
Mechanical Engineering Accredited A , 010/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005, Dated July 7th 2005
Industrial Engineering Accredited A , 010/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2006, Dated August 3rd 2006
Faculty of Civil and Planning Engineering
Study Program Accreditation Status
Civil Engineering Accredited , 006/BAN-PT/Ak-X/S1/III/2007, Dated March 9th 2007
Architecture Accredited A , 012/BAN-PT/Ak-IX/S1/VII/2005, Dated July 21th 2005
Faculty of Psychology
Study Program Accreditation Status
Psychology Accredited A, 002/BAN-PT/Ak-VIII/S1/II/2005, Dated Feuary 18th 2005 Keterangan : Sudah diusulkan untuk diakreditasi kembali dan tengah dalam proses. Status Akreditasi Program Studi Sesuai Peraturan MenDikNas RI No.6 Tahun 2010  tanggal 20 Feuari 2010 Pasal 10A ayat 1 yang berbunyi : Program dan/atau satuan pendidikan yang berstatus yang diusulkan oleh perguruan tinggi untuk diakreditasi  kembali karena telah berakhir masa berlaku akreditasinya tetap memiliki  status terakreditasi sampai adanya penetapan status akreditasi baru oleh BAN-PT.
Faculty of Letters
Study Program Accreditation Status
English Literature Accredited A, 008/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005, Dated June 23th 2005
Post Graduate Program
Magister Programs
Study Program Accreditation Status
Information System Accredited B, 079/BAN-PT/Ak-III/S2/VII/2004, Dated July 23th 2004 Keterangan : Sudah diusulkan untuk diakreditasi kembali dan tengah dalam proses. Status Akreditasi Program Studi Sesuai Peraturan MenDikNas RI No.6 Tahun 2010  tanggal 20 Feuari 2010 Pasal 10A ayat 1 yang berbunyi : Program dan/atau satuan pendidikan yang berstatus yang diusulkan oleh perguruan tinggi untuk diakreditasi  kembali karena telah berakhir masa berlaku akreditasinya tetap memiliki  status terakreditasisampai adanya penetapan status akreditasi baru oleh BAN-PT.
Management Accredited A, 001/BAN-PT/Ak-III/S2/I/2007, Dated January 13th 2007
Electrical Engineering Accredited B, 003/BAN-PT/Ak-V/S2/VI/2006, Dated June 15th 2006
Civil Engineering Accredited B, 008/BAN-PT/Ak-IV/S2/VIII/2006, Dated August 24th 2006
Psychology Accredited B, 006/BAN-PT/Ak-IV/S2/VI/2005, Dated June 8th 2005
English Literature Accredited B, 008/BAN-PT/Ak-IV/S2/VII/2005, Dated July 7th 2005
Doctoral Programs
Study Program Accreditation Status
Economic Science Accredited, 006/BAN-PT/Ak-V/S3/VII/2006, Dated July 27th 2006
Computer Science/Information Technology Accredited, 007/BAN-PT/Ak-V/S3/VIII/2006, Dated August 3rd 2006 Keterangan : Sudah diusulkan untuk diakreditasi kembali dan tengah dalam proses. Status Akreditasi Program Studi Sesuai Peraturan MenDikNas RI No.6 Tahun 2010  tanggal 20 Feuari 2010 Pasal 10A ayat 1 yang berbunyi : Program dan/atau satuan pendidikan yang berstatus yang diusulkan oleh perguruan tinggi untuk diakreditasi  kembali karena telah berakhir masa berlaku akreditasinya tetap memiliki  status terakreditasi sampai adanya penetapan status akreditasi baru oleh BAN-PT.
FASILITAS
Bangunan Kampus
Kampus kegiatan Akademik Universitas Gunadarma diadakan di 8 (delapan) Kampus, yaitu:
  • Kampus A di Jl. Kenari III No 33 Jakarta Pusat
  • Kampus B di Jl. Salemba Bluntas Jakarta Pusat
  • Kampus C di Jl. Salemba Raya No 53 Jakarta Pusat
  • Kampus D di Jl. Margonda Raya 100 – Depok
  • Kampus E di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
  • Kampus G di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
  • Kampus H di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
  • J di Jl Kampus. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi
Di kampus terdapat fasilitas ruang kelas, liary, laboratorium, ruang seminar, auditorium, ruang senat, BPM, ruang pertemuan, ruang dosen, ruang konsultasi akademik, usaha ekonomi, karyawan dan kantor pelopor, musalla dan masjid, juga area olahraga. Ruang Kelas Universitas Gunadarma memiliki 167 ruang kelas:
  • 12 kelas kamar di kampus A
  • 19 kelas kamar di kampus B dan C
  • 18 kelas kamar di kampus D
  • 55 kelas kamar di E kampus
  • 39 kelas kamar di kampus G
  • 24 kelas kamar di kampus J
Untuk kebutuhan proses belajar belajar, masing-masing kelas dilengkapi dengan sarana, antara lain OHP, Tape Recorder, Mikrofon, Pusat Sound System, Komputer Proyektor, Slide Proyektor dan sebagainya. Auditorium Universitas Gunadarma auditorium yang terletak di kampus D – Depok dan Kampus A – Kenari. Auditorium di Kampus D terletak di gedung 4 lantai 6, dan auditorium ini bisa berisi sekitar 300 orang. Auditorium di Kampus A terletak di lantai 2 dan dapat berisi sekitar 100 orang.Antara lain, ini memanfaatkan auditorium sebagai tempat untuk kegiatan seminar baik untuk mahasiswa atau dosen. Dan dilengkapi dengan satu layar besar di tengah dan dua layar lainnya di sisi kanan dan kiri.
Referensi
http://www.gunadarma.ac.id/en/page/history.html

sumber :  https://yunitapratiwidotme.wordpress.com/2013/06/15/profil-universitas-gunadarma/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar